Kamis, 07 Juli 2011

Cerebral Palsy ( CP )

  • Apakah Cerebral Palsy ?

Cerebral adalah yang berhubungan dengan otak, sedang Palsy berarti ketidak mampuan. Cerebral Palsy ( CP ), suatu kondisi dimana otak tidak mampu mengendalikan gerakan-gerakan tubuh dan anggota - anggotanya disebabkan karena cedera otak yang berakibat kerusakan jaringan atau saraf otak. Tingkat kerusakan saraf berbeda - beda menyebabkan tingkat kemampuan dan kecerdasan anak CP juga berbeda, bahkan ada yang bisa masuk sekolah. Penting diketahui bahwa CP bukan suatu penyakit, tidak akan bertambah parah juga tidak bisa disembuhkan. Penyandang CP akan berlangsung seumur hidup. 

  • Penyebab CP

Penyebab yang pasti belum ditemukan, beberapa kasus terjadi sejak dalam kandungan disebabkan ibu mengalami infeksi, minum alcohol dan lain - lain. Kekurangan oksigen pada saat persalinan atau sesaat setelah dilahirkan dapat memicu terjadinya CP. Kelahiran premature dengan berat bayi lahir rendah ( BBLR ), kurang dari 1,5kg beresiko tinggi anak akan menderita CP. Jatuh goncangan keras dapat juga menjadi penyebab.

  • Penanganan / Perawatan CP

Beberapa macam therapies dapat membantu memaksimalkan potensi tumbuh kembang anak CP. Biasanya dilakukan therapy fisik, motorik kasar dan halus, therapy wicara dan therapy-therapy yang dapat membantu merangsang daya berfikir anak. Akan sangat bermanfaat apabila therapy dilakukan sedini mungkin. Pada kasus tertentu pemberian obat atau operasi dapat membantu meningkatkan kemampuan. Operasi dilakukan untuk membebaskan otot kejang atau memperbaiki sendi yang kaku. Selain therapy diperlukan juga beberapa alat bantu yang dilekatkan pada tubuh maupun perlengkapan lain seperti kursi roda, alat bantu berjalan ( baby wlaker ), meja khusus dan lain - lain.

  • Mencegah CP

Seperti penyebabnya yang belum diketahui secara pasti, cara menghindarinya pun tidak dapat dirinci dengan jelas. Untuk pencegahan sebaiknya sebelum hamil pastikan kesehatan ibu prima dan priksa kedokter secara rutine. Rawatlah bayi anda dengan lembut dan sangat hati - hati.


Jelita ( 4 tahun ) & Bella ( 5 tahun ) Cerebral Palsy

8 komentar:

  1. Anonim19:10

    terima kasih info nya, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  2. sama-sama...tunggu info kesehatan berikutnya lagi ya?

    BalasHapus
  3. salam sayang buat Abang Rizky dan kawan-kawan yaaa...

    BalasHapus
  4. oke...terima kasih bu ayu, salam sayang jg buat bu ayu :)

    BalasHapus
  5. infonya bermanfaat sekali :) salam untuk adik2 disana..

    BalasHapus
  6. terima kasih, oke...pasti disampaikan salamnya, salam juga buat kak runy dan keluarga :) sekali-kali kenalan langsung dengan adik-adik yg ada di YSIB yuuuk :)

    BalasHapus
  7. mau bgt runy kenal sama adik2 disana...tapi takut ga bisa memberikan sesuatu yg bermanfaat malah buat ga nyaman adik2 :(

    BalasHapus
  8. gak papa, kehadiran kamu untuk menghibur anak-anak YSIB jg sangat bermanfaat, kata siapa tidak bermanfaat justru buat mereka itu selain kebutuhan untuk mereka, bentuk perhatian dan kasih sayang itu lah yg mereka cari, jadi gak usah sungkan untuk bisa main bersama mereka..oke :)

    BalasHapus